Tugas Softskill “Inovasi SI & New Technology” Universitas Gunadarma

Disusun oleh :
M. Ramadhan Dwi Kuncahyo      | 13117415
Randy Adityanda                           | 14117950
Shandy Putro Yadi                         | 15117625
2KA25

Menganalisa setiap produk inovasi pada bidang Bisnis, Kesehatan, Media, Pangan dll.

Menganalisa Aplikasi RuangGuru (Inovasi di Bidang Pendidikan)

Belajar secara online



Oke, jadi disini kami akan membahas tentang yang sedang trending di masyarakat Indonesia, yiatu belajar secara online, dan salah satu contoh aplikasinya adalah RuangGuru.

Kami sadari betapa rendahnya minat baca dikalangan generasi muda di era milenium ini, terbukti banyak sekali fasilitas disekolah yaitu perpustakaan yang rendah sekali minat pembacanya.

dan juga pesatnya perkembangan dunia teknologi dengan segala fitur-fiturnya sangat mamanjakan anak-anak muda untuk membuka sosial media dari pada membaca buku.

Sekarang ini, teknologi digital semakin memudahkan dan membuka akses terhadap segala hal. tidak hanyak dunia bisnis, dunia pendidikan pun semakin dimudahkan karenanya. Belajar tidak lagi mengenal jarak, tempat, dan waktu. Pendidikan semakin dimudahkan dengan koneksi internet yang memungkinakan terjadinya proses belajar mengajar tanpa tatap muka secara langsung.

Nah, kali ini kelompok kami ingin membahas tentang inovasi di Bidang Pendidikan, yang dulu jika kita membaca buku harus pergi ke perpusatakaan, dan mencari soal-soal untuk dipelajari sangat susah, disini kami memberikan contoh aplikasi belajar online yang sangat mudah di akses terhadap segala hal, hanya memodalkan smartphone dan internet, maka semua pelajaran akan bisa kalian baca dan dipelajari.

Salah satu media pembelajaran secara online yang populer di Indonesia adalah RuangGuru ini.




RuangGuru merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang memberikan jasanya lebih dari 100 bidang pelajaran. Dan perusahaan ini didirikan sejak tahun 2014 oleh Belva Devara dan Imam Usman, yang keduanya berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses dibawah umur 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.


Aplikasi RuangGuru versi Android tersedia di PlayStore dan berukuran cukup kecil, sehingga saya yakin dapat berjalan di smartphone daengan spesifikasi minimal. Interface RuangGuru menampilkan layout yang sangat menarik dan navigasi yang mudah. Pengembang RuangGuru secara cerdas menggunakan karakter-karakter animasi yang lucu dan memilih warna yang adem di mata. Layout nya tidak terlalu ramai, latar belakang didominasi warna putih bersih sehingga label untuk setiap layanan ataupun navigasi dapat ditemukan dengan mudah.



Kesimpulan :

Saya sadari betapa rendahnya minat baca di Indonesia, pembelajaran secara online sangat efektif & efisien karena belajar bisa dimanapun dan kapanpun, dan hanya bermodalkan smartphone & internet maka kita bisa belajar apapun yang ingin kita pelajari di aplikasi nya, namun kekurangan dari belajar secara online adalah di Indonesia juga internet server sering tidak bagus, ataupun daerah yang belum memadai untuk adanya internet, dan kurang nya pengetahuan penggunaan smartphone.

Referensi :

http://ruangguru.com/
http://dailysocial.id/post/review-app-belajar-di-ruangguru-cara-pintar-untuk-menjadi-pintar

http://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/04/12/7-inovasi-pendidikan-indonesia-di-era-digital


Komentar

Postingan Populer