Membuat tulisan inovasi terkait trend Sistem Informasi dan Teknologi Informasi modern terkait pada sistem operasi, pengolah kata, software pembuat.

Hasil gambar untuk logo pro evolution soccer

Disini saya akan membuat tulisan inovasi terkait dengan Game dan membahan Game yang trend dari dulu hingga saat ini yaitu game Pro Evolution Soccer atau biasa disebut dengan PES.
Sepak bola bisa disebut sebagai salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan orang-orang di seluruh dunia. Tak hanya olahraga nya, game simulasi sepak bola pun memiliki penggemarnya tersendiri di berbagai.
Bicara game sepak bola, anak-anak Indonesia tentunya akan familiar dengan judul Pro Evolution Soccer atau Winning Eleven, karena apabila kita ingin bermain game sepak bola dirental, dirumah kita sendiri ataupun dirumah teman kita pasti salah satu opsi itu kita bermain game PES.
Game sepakbola besutan pengembang game asal Tokyo ini menjadi salah satu game sepakbola yang populer di kalangan gamer. Kepopuleran tersebut tentu bukanlah terjadi secara instan, melainkan sebuah usaha keras yang berlangsung sekian lama. Pro Evolution Soccer menjadi bagian dari sejarah game sepak bola selama 10 tahun lamanya, begini perkembangannya dari masa ke masa.

Goal Storm, Awal mula dari Pro Evolution Soccer

 Inilah Transformasi Pro Evolution Soccer dari Masa ke Masa!

Pro Evolution Soccer tak akan sukses seperti sekarang tanpa menapaki jejaknya melalui Goal Storm, game sepakbola pertama yang dikembangkan oleh Konami. Goal Storm atau World Soccer Winning Eleven pertama kali diluncurkan secara eksklusif untuk konsol PS1 pada tahun 1995. Pada masa itu game tersebut belum memiliki grafis High Definition layaknya Pro Evolution Soccer di masa sekarang.
Semenjak Goal Storm, Konami memutuskan untuk berkomitmen mengembangkan franchise game bola terpopuler tersebut. Konami terus merilis, memperbaiki, dan menambahkan fitur-fitur baru ke dalam game sepakbola yang akhirnya berubah nama menjadi International Superstar Soccer Pro Evolution (ISS Pro) atau Winning Eleven (WE). ISS Pro atau Winning Eleven yang berhasil mensimulasikan sepak bola secara lebih nyata, segera berhasil menjadi game bola favorit para gamers di masanya. Ketika itu ia mengalahkan pesaingnya seperti, Actua Soccer, Sensible Soccer, dan FIFA.

Winning Eleven, Game Sepakbola Sejuta Umat

 

Inilah Transformasi Pro Evolution Soccer dari Masa ke Masa! 

 

Memasuki awal tahun 2000an, Pro Evolution mencapai puncak masa kejayaannya. Tahun tersebut adalah ketika ISS Pro berubah nama menjadi Pro Evolution Soccer (PES), yang dirilis untuk konsol PS2. PES pertama kali dirilis pada tahun 2001 untuk pasar eropa, sementara untuk pasar Jepang game tersebut bernama Wnning Eleven 5 (WE 5).
Bukan hanya dari simulasinya saja, PES juga memenangkan hati para pemain game bola melalui mode Master League. Ketika itu mode Master League bisa dibilang sebagai salah satu fitur game bola termutakhir pada masanya. Fitur ini juga yang memberikan kenangan tersendiri bagi para pemain WE atau ISS Pro ketika itu. Siapa yang tak kenal dengan pemain ori dari PES seperti Ximenes, Castello dan Espinas, para pemain imajiner pemain tim sepakbola dalam mode Master League.

 


Konsol Next Generation dan Kemunduran Pro Evolution Soccer


Inilah Transformasi Pro Evolution Soccer dari Masa ke Masa!
Kejayaan Konami dalam ranah game sepakbola tak berlangsung selamanya. Pada akhirnya Pro Evolution Soccer dikalahkan oleh waktu dan perkembangan teknologi. Memasuki era konsol next gen PES mengalami kemunduran. Salah satunya ketika PES pertama kali meluncurkan PES 2008. Meskipun PES 2008 banyak diantisipasi, namun nyatanya justru malah mengecewakan para pemainnya ketika sudah dirilis.
Kekecewaan salah satunya datang dari masalah game engine yang kurang optimal, hal tersebut menyebabkan PES 2008 menjadi stuttering ketika dimainkan. Selain itu masalah lisensi pemain dan para tim yang seakan menjadi masalah yang tak kunjung usai bagi Konami. Belum lagi ditambah dengan kebangkitan EA Sport yang muncul percaya diri dengan game engine baru yang berhasil mensimulasikan game sepak bola dengan lebih baik.

Masa Depan Pro Evolution Soccer


 Inilah Transformasi Pro Evolution Soccer dari Masa ke Masa!

Semenjak kemunculan konsol next-generation, Konami masih berusaha keras untuk kembali menjadi game sepak bola terbaik pilihan para gamers. Hal tersebut dilakukan Konami sejak keruntuhan tahtanya di masa PES 2008. Sampai saat ini Konami masih terus bereksperimen, berusaha menemukan formula yang tepat demi menghasilkan simulasi sepak bola yang lebih baik. Kehadiran Fox Engine menjadi salah satu harapan Konami untuk masa depan PES jadi lebih baik.

Era PES 2010an hingga sekarang

 

 Sejarah Perkembangan Pro Evolution Soccer dari Masa ke Masa

 

Pada era PES 2010 dan melakukan berbagai perbaikan akhirnya Konami memperbaiki, merekonstruksi dan menambahkan sedikit fitur-fitur baru pada PES. Dari segi mode online terjadi penurunan lag dibanding versi sebelumnya meskipun masih jauh dari yang diharapkan pengguna yang menginginkan bermain tanpa lag sama sekali. Fitur baru yang ditambahkan yaitu mode Become a Legend, disini anda bisa meniti karier layaknya seorang pemain profesional. Mode Master League yang memiliki  tingkat negosiasi yang begitu mirip seperti transfer pemain aslinya.


 Sejarah Perkembangan Pro Evolution Soccer dari Masa ke Masa
PES 2011 dan lebih dikenal sebagai World Soccer: Winning Eleven 2011 di Jepang adalah game sepakbola yang dikembangkan Konami dengan menggandeng  Blue Sky Team untuk bagian produksi. Game ini diumumkan pada tanggal tanggal 9 Februari 2010 dan dirilis pada 30 September 2010 untuk PC, PS3 dan Xbox 360.
Dalam game ini terdapat penambahan lisensi pada Copa Libertadores, serta perubahan yang terasa untuk PES 11 yang dijalankan di PC terjadi di sektor view camera, perubahan susunan formasi dan kontrol pemain yang sedikit lebih susah dari sebelumnya. Pro Evolution Soccer 2011 diharapkan mampu mengalahkan pesaingnya FIFA.
PES 2012 juga dikenal sebagai Winning Eleven 2012, adalah sekuel lanjutan dari PES 2011 yang peluncurannya diumumkan pada tanggal 13 Mei 2011 dan dirilis untuk PC, PSP, PS2, PS3, Wii dan Xbox 360.
 pes2012
PES 2012 memiliki penambahan visualisasi yang lebih tajam dibanding generasi sebelumnya, serta gerakan-gerakan baru dan selebrasi pemain ketika mencetak gol. Dalam game ini juga ditambahkan beberapa pemain baru yang mengisi squad papan bawah maupun papan atas, serta variasi sepatu, bola, lapangan, dan aksesoris pemain yang lebih lengkap
Hasil gambar untuk pes 13
Lalu KONAMI kembali merilis pes 2013 pada akhir tahun 2012, menjadi kan C.Ronaldo dalam cover nya,  dalam pes 2013 ini animasi di dalam nya menjadi lebih real, dari mulai player mengontrol bola , mendribbling bola ,atau pun menshooting bola. Serta di sertai selebrasi selebrsi yang unik.
Setelah pes 2013 sukses KONAMI kembali merilis PES 2014 dan PES 2015, namun pada PES 2014 ini saya menganggap kurang adanya penambahan fitur fitur tertentu. Jadi banyak sekali orang yang masih memainkan PES 2013 karna menurut kebanyakan orang PES 2013 masih dianggap lebih seru dibandingkan PES 2014 dan PES 2015 karena fitur-fitur nya yang sama saja tidak banyak berubahnya.
Merasa kurang memuaskan di 2 tahun sebelumnya, KONAMI kembali merilis PES2016. Dalam PES2016 ini KONAMI benar benar memodifikasi ulang  serta menambahkan fitur fitur terbaru.
pes16
Wajah pemain, terutama pemain bintang, terlihat begitu realistis. Ekspresi mereka tidak kaku. Stadion, rumput, serta elemen-elemen lainnya yang biasa ditemui di sebuah pertandingan sepak bola internasional bisa dilihat di sini. Semuanya dibalut dengan tekstur yang tajam (termasuk tekstur penonton), efek pencahayaan dan bayangan yang sangat baik ketika bermain di siang dan malam hari, serta unsur-unsur sinematik yang ditambahkan pada highlight momen-momen seru.
 Hasil gambar untuk pes 16

PES 2016 juga tampil dengan efek physics dan animasi yang menawan. Cutscene ketika pemain memasuki stadion maupun yang berdurasi pendek yang disisipkan di tengah-tengah pertandingan terlihat luar biasa. Secara gameplay, Anda akan melihat gerakan yang sangat halus, natural, dan realistis dari para pemain ketika menggiring bola, beradu fisik / berebut bola dengan lawan, melakukan tackle, serta interaksi dengan bola yang lebih dinamis. Variasi gerakan pemain juga semakin banyak, termasuk untuk penjaga gawang.
pes16pict2
13 september 2016, KONAMI secara resmi mengumumkan penerbitan terbaru nya yatu PES 2017. Dengan penambahan fitur fitur tertentu, PES 2017 kembali dapat bersain dipasaran.
Hasil gambar untuk pes 17
Pergerakan pemain menjadi lebih halus dan real. Dari cara dribbling dan shooting terlihat lebih sama dengan pemain aslinya saat bermain bola.
Gambar terkait
Bagi para penggemar game PES, tentu berharap segala yang terbaik untuk keberlanjutan game Pro Evolution Soccer ya dan selalu menunggu fitur-fitur dan update-an apalagi yang terbaru dari PES.

Daftar Pustaka

https://duniagames.co.id/news/57-inilah-transformasi-pro-evolution-soccer-dari-masa-ke-masa



Komentar

Postingan Populer