Tugas Softskill “Inovasi SI & New Technology” Universitas Gunadarma
Disusun oleh :
Randy Adityanda                           | 14117950

2KA25

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

A.         Pendahuluan

Teknologi Informasi selalu meng-upgrade dan mengubah sesuatu dengan cepat. Teknologi informasi yang merupakan perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi, mengganti paradigma industrial menjadi paradigma post-industrial yang berarti juga merubah perilaku lingkungan bisnis atau pebisnis, yang berarti bahwa teknologi informasi memperoleh kedekatan antara pebisnis dengan pelanggannya, karena ini mempercepat antara jarak dan waktu sehingga akan mengurangi kesenjangan jarak dan waktu permintaan konsumen dan pemenuhan kebutuhannya. Dengan adanya perubahan dalam lingkungan bisnis ini, akan menyebabkan perubahan dalam bentuk pengambilan keputusan manajemen yang berarti bahwa struktur organisasi dengan adanya teknologi informasi ini menuntut suatu struktur yang cepat terbentuk dan terbentuk kembali sebagai akibat adanya perubahan yang cepat.

B.         Sejarah Teknologi Informasi
a.             Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada masa ini teknologi informasi masih menjadi sesuatu yang asing, bahkan tidak ada. Namun pada zaman itu manusia sudah mulai menemukan teknologi-teknologi sederhana yang bisa berguna bagi kehidupan mereka. Dan penemuan teknologi pada saat itu mungkin adalah mereka mencoret-coret gambar pada dinding-dinding goa tempat mereka tinggal.

b.            Masa Sejarah ( 3000 SM s/d 1400-an M )
Pada zaman ini manusia sudah mulai berkembang sedikit demi sedikit dalam penemuan teknologi, dan sudah terlihat pada zaman itu manusia lebih pintar daripada sebelumnya, teknologi yang ditemukan pun sudah semakin memudahkan hidup mereka, dan pada zaman tersebut untuk saling bertukar informasi semakin mudah daripada zaman sebelumnya.

Ø   Masa Tahun 3000SM -500SM
Pada masa ini manusia sudah mulai mengenal symbol atau tulisan yang terdapat di dinding-dinding goa, dan tulisan atau symbol tersebut memudahkan manusia dalam berkomunikasi atau menjalani hidup nya. Pada zaman tersebut manusia sudah menemukan meida untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari sebelumnya yaitu menggunakan serat pohon.
Ø   Masa Tahun 1900-an
Pada kurun waktu ini sudah banyak teknologi informasi yang ditemukan seperti tabung TV pada tahun 1923, Komputer digital pertama di Dunia pada Tahun 1946, Mengembangkan Transistor pada Tahun 1948, Sistem jaringan pada tahun 1969, Program E-mail pada Tahun 1972, Diperkenalkan nya WWW pada tahun 1992

C.         Perkembangan Komputer
a.             Komputer Generasi ke-1
 Image result for komputer generasi pertama

Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama di Dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, Panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listruk 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung hampa udara (vacuum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti : mudah pecah dan cepar menyalurkan panas. Sejarah perkembangan komputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.            Pada generasi ini komputer masih banyak mengeluarkan banyak panas.
2.            Mennggunakan komponen elektronika nya yang terbuat dari tabung hampa (Vacuum Tube).
3.            Program dibuat dalam bahasa mesin (machine language), yang program nya tersimpan dalam memori komputer.
4.            Untuk mengoprasikan pun  membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
5.            Kapasitas yang disediakan untuk penyimpanan data sangat kecil dan terbatas.
6.            Program nya masih menggunakan Bahasa mesin dengan menggunkan kode 0 dan 1 urutan tertentu
7.            Proses nya relatif lambat
8.            Mempunyai ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperklukan sebuah ruangan yang cukup besar hanya untuk meletakkan komputer ini.
9.            Orientasi utama pada aplikasi bisnis
10.       Menggunakan system luar magnetic tape magnetic disk.

b.            Komputer Generasi ke-2
 Image result for komputer generasi ke 2

Generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapat menggantikan tabung hampa udara. Dan hal tersebut mulai digantikan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi keuda yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi disbanding dengan komputer generasi pertama. Perkembangan komputer generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.            Program dapat dibuat dengan Bahasa tingkat tinggi (High Level Language), seperti FORTRAN, COBOL, dan ALGOL.
2.            Kapasitas memori utama sudah lumayan besar.
3.            Sirkuitnya adalah transistor.
4.            Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama.
5.            Tidak membutukan terlalu banyak listrik.
6.            Berorientasi pada bisnis dan Teknik.
7.            Proses operasi sudah cepat.

c.             Komputer Generasi ke-3


 Image result for komputer generasi ke 3
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-19710an. Transistor yang dianggap tidak efisien lagi membaut pada ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian ditemukan pada batu kuarsa (Quartz Rock). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, menegembangkan sirkuit terintegrasi ( IC : Integrated Circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

d.            Komputer Generasi Ke-4

 Image result for komputer generasi ke 4

Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemjuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer ( Central Processing Unit, Memori, dan Kendali Input/Output ) keadaan sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalan seluruh kebutuhan yang diinginkan. Perkembangan komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Ø   Dikembangakan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Ø   Pada generasi ini komputer sudah memakai Large Scale Integration (LSI).

e.             Komputer Generasi Ke-5

 Related image

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocessor. Selain itu, juga ditandai dengan muncul nya microporcesor diantaranya dalah Inter Corporation, Motorola, Zilog, dll. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 8-486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi lsegala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, disamping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, disamping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

D.         Pengertian Teknologi Informasi
Pada dasarnya, teknologi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyinpam, manipulasi data dengan berbagai cara untuk membuat atau menghasilkan informasi yang berkualitas. Dengan kata lain, teknologi informasi adalah suatu teknologi untuk menghasilkan sebuah informasi yang relevan, strategin, akurat, dan tepat waktu untuk berbagai kepentingan seperti keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan.
Slah satu wujud dari teknologi informasi adalah seperangkat komputer dan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain sesuai dengan kebutuhkan dan fasilitas yang dibutuhkan. Semakin cepat dann semakin aman jaringan dan komputer yang digunakan, semakin cepat dan semakin aman pula informasi yang dihasilkan dan diperoleh dari intervensi orang lain.

E.         Perkembangan Hingga Kini

Ada banyak sekali sejarah teknologi informasi yang bisa kita rujuk pada masa sebelumnya. Salah satu nya adalah penemuan radio, ditemukan kamera, gambar bergerak, dan televisi. Secara umum, perkembangan yang pesat dalam dunia teknologi informasi dimulai pada tahun 1994 khususnya di Indonesia, yang diikuti dengan berbagai macam perkembangan teknologi yang lain seperti Internet.
Beberapa hal yang mempengaruhi perkembangan teknologi diantaranya adalah ketersediaan infrastruktur. Di negara Indonesia sendiri, sejarah perkembangan teknologi informasi masih terus berjalan. Pemrkembangan teknologi di negara maju seperti Jepang, Inggris, Amerika Serikat, dan Singapura, karena perbedaan infrastruktur, wilayah dan lain sebagainya.
Sejak 1970-an teknologi informasi di Indonesia berkembang secara bertahap. Pada perkembangan dibentuk Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo), yang kemudian membantuk membuat perkembangan teknologi informasi di Indonesia menjadi lebih terarah. Media-media teknologi informasi seperti surat kabar, radio, dan lain sebagainya telah ada pada jaman penjajahan dan terus berkembang.

F.          Perkembangan Teknologi Informasi Hingga Kini


 Image result for teknologi it

Dimasa sekarang ini peranan IT semakin penting karena dengan seiring perkembangan IT, banyak manusia melakukan pekerjaan dengan menggunakan komputer maupun menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan kesadaran menggunakan IT untuk kepentingan yang positif, sehinggan perkembangan IT Indonesia cukup berkembang, tetapi belum mencakup berbagai hal.
Berikut perubahan tren dalam perkembangan teknologi informasi pada masa kini :

1.            Social Gaming
 Image result for social gaming

Dampak perkembangan facebook di tahun 2010 ditampilkan lebih seru dengan berbagai game seru yang bermunculan sehingga pertumbuhannya melebihi pertumbuhan media sosial yang popular sepertik twitter.

2.            Body Motion Sensor

 Image result for Body Motion Sensor

Sekarang ini game akan lebih asik lagi dengan menggunakan gerakan anggota tubuh seperti tangan, kaki, dan badan. Di PC kini sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.

3.            Virtual Reality (VR)

 Image result for vr
Salah satu tren yang menarik lainnya di 2016 ini adalah Virtual Reality atau biasa disingkat VR. Virtual Reality adalah teknologi yang membuat pengguna atau user dapa berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam Bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.


4.                 Augmented Reality (AR)

 Image result for ar

Augmented Reality adalah perkembangan game dengan menggabungkan dunia reality dan dunia game dalam satu simulasi, akan lebih popular lagi dengan adanya platform baru seperti iPhone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya popular di PC saja, namun sekarang mulai merambah ke Mobil Gadget.

5.            Internet TV
 Related image

Tren Internet TV mulai menonjol pada tahun 2010 disebabkan oleh selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Permasalahannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan sosial network yang cukup mengambul trafik bandwitch cukup tinggi.

G.   Aplikasi Teknologi Informasi di Berbagai Bidang di Indonesia
Teknologi informasi telah banyak diterapkan di berbagai bidang di Indonesia. Tentunya teknologi tersebut diterapkan dengan jenis-jenis informasi olahan yang berbeda. Beberapa bidang tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :


1.            Bidang Pemerintahan
Salah satu penerapan teknologi informasi adalah pada bidang pemerintah. Walaupun pada awalnya penerapan teknologi informasi pada bidang pemerintahan di Indonesia ini kurang popular, akan tetapi lambat laun semakin banyak terobosan baru dan pemerintah daerah yang mulai menggunakan teknologi untuk melakukan komunikasi dengan rakyat. Program-program seperti website terpadu, akun sosmed pemerintah, bahkan akun bupati dan lain sebagainya belakangan ini banyak dimanfaatkan untuk menangani masalah pemerintahan.
Ada banyak sekali belakangan ini kota yang telah menjadikan teknologi informasi sebagai salah satu basis dari pemerintahan yang dilakukan seperti misalnya menggunakan akun Facebook, akun Twitter, akun Instagram, dan lain sebagainya.

2.            Bidang Keuangan dan Perbankan
Bidang perbankan dan keuangan tidak bisa dipisahkan dari yang Namanya teknologi informasi. Ada  beribu bahkan jutaan transaksi yang terjadi hampir setiap hari dan tentunya hal itu tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya teknologi informasi yang kuat. Berbagai layanan perbankan dan keuangan bahkan menjadikan teknologi informasi sebagai basis dari model pelayanan yang cepat dan reponsif.
ATM yang bisa ditemui di berbagai tempat, menggunakan teknologi jaringan dan juga kriptografi yang hanya bisa dilakukan apabila terdapat teknologi informasi yang mendukung aplikasi dari hal tersebut. Selain itu layanan semacam E-Banking, Mobile-banking, transfer antar negara, transfer ke rekening virtual dan lain sebagainya hanya bisa dilakukan apabila terdapat teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai.
3.            Bidang Pendidikan
Bidang pendidikan juga merasakan adanya manfaat yang sangat besar dari adanya teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung aplikasi teknologi informasi dann komunikasi yang tepat. Berbagai model pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat seperti misalnya dengan melakukan pembelajaran dengan bantuan proyektor, dan lain sebagainya. Dengan demikian, fungsi komunikasi data pada bagian ini adalah untuk membatu proses pembelajaran agar bisa berlangsung dengan baik dan mempermudah siswa didik maupun guru untuk memahami tentang materi ajar yang sedang dipelajari.

4.            Bidang Kesehatan
Bidang kesehatan juga bisa merakana manfaat dari perkembangan teknologi informasi utamanya dengan cara database pasien yang bisa mendeteksi apa saha jenis peneyakit dan riwayat penyakin pasien, siapa saja yang pernah menanganinya dan bagaimana penangangan yang dilakukan dan lain sebagainya. Dengan demikian perawatan pasien bisa dilakukan dengan cepat dan juga tepat sesuai dengan riwayat penyakit yang pernah diderita olehnya.
Selain itu, administrasi pihak rumah skit juga akan terbantu sekali dengan adanya teknologi informasi yang baik dengan demikian pemesanan obat, pemrosesannya dan lain sebangainya bisa berlangsung dengan cepat dan mudah tanpa harus menunggu terlalu lama sehingga pasien  bisa langung memperoleh obat yang seusai dengan yang dibutuhkan olehnya.



5.            Bidang Bisnis
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi yang baik, bidang bisnis bisa merambah ke berbagai model usaha seperti adanya E-Commerce, online trading dan lain sebangainya. Para penjual dan pembeli semakin mudah untuk berkomunikasi dan melkuakn transkasi dengan adanya transaksi melalui teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.
Wujud nyata dari penerapan teknologi informasi pada bisa bisnis adalah semakin banyaknya toko online yang menawarkan berbagai macam produk unggulan dan saling bersaing dengan adanya menunjukkan keunggulan pelayanan dan lain sebagainya. Tanpa adanya system teknologi informasi, hal tersebut pasti tidak akan bisa terjadi.

H. Harapan untuk Pengembangan Teknologi Informasi di Indonesia
Filosofi top manajemen di Indonesia masih banyak enggan atau kurang memanfaatkan teknologi informasi di Indonesia karena masih banyak yang menitik beratkan pada peningkatan efisiensi dan produktivitas, hal ini menunjukkan kenyataan bahwa kesadaran akan pentingnya teknologi informasi masih belum merupakan hal yang penting dan kesadaran ini merupakan baru terjadi pada level bawah dan menengah. Usaha untuk memulai kesadaran tersebut bisa dimulai dari salah satu profesi yaitu akuntan sebagai seseorang yang membantu manajemen dalam pengambilan keputusan dengan meningkatkan pengetahuannya mengenai teknologi informasi, sehingga hal tersebut memberi kontribusi yang sangat besar terhadap strategi perusahaan.

I.            Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi yang merupakan perpaduan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi merupakan hal yang terus dan terus berkembang. Salah satu bentuk teknologi informasi adalah dengan munculnya Internet,  yang merupakan jaringan informasi yang mempunyai jangkauan yang besar dan luas yang tidak membatasi waktu, tempat, maupun penggunanya. Dan muncul nya teknologi yang semakin canggih akan selalu membuat penggunanya akan selalu di manjakan oleh produk-produk tersebut.

DAFTAR PUSTAKA






Komentar

Postingan Populer