Tugas Softskill “Inovasi SI & New Technology” Universitas Gunadarma



Disusun oleh :

Randy Adityanda                            | 14117950





GAMBARAN PEKERJAAN SESUAI PROFESI DAN BIDANG PERUSAHAAN YANG ANDA PILIH




Image result for game 



Pada zaman sekarang teknologi berkembang begitu sangat cepat, karena semua kebutuhan kita seperti di bidang bisnis, kesehatan dan lain-lain begitu cepat didapatkan dan mudah digunakan.
Apalagi di bidang teknologi ini begitu banyak yang mulai suka dengan bermain game, seperti Game konsol dari Playstation, Game PC, Game dari VR atau Virtual Reality yang begitu booming pada zaman sekarang, dan masih banyak lagi, dan itu akan terus berkembang dan berkembang lagi pastinya dan membutuhkan tenaga kerja yang begitu banyak untuk menciptakan sebuah game, karena game tidak hanya itu itu aja, game harus dikembangkan, dibuat dan dibuat lagi karena pastinya apabila kita bermain game itu itu aja pasti membosankan dan ingin memainkan game yang baru.
Untuk itu Game Developer / Game Development atau bisa disebut Pengembangan Video Game sangat sangat dibutuhkan pada era modern ini karena konsumen yang menggemari permainan game akan selalu mencoba game game yang baru dan menantang.
Jadi disini saya akan menganalisis tentang Game Developer untuk menjadi gambaran pekerjaan anda yang kuliah atau belajar di bidang komputer  dan mengerti game dan perkembangan tentang game, dan pastinya banyak perusahaan game yang sangat membutuhkan jasa seorang Game Developer untuk mengembangkan game game yang akan dibuat nya nanti. Dan pastinya bisa dikatakan gaji yang kita terima begitu besar, kenapa? Karena pastinya membuat game itu sangat rumit dan sangat dihargai oleh perusahaan apabila game tersebut sangat menarik untuk dimainkan, dan berguna untuk para konsumen yang menggemari Game.

 
Jadi, apa itu Game Developer / Game Development?
Menurut Wikipedia, Game Developer adalah proses menciptakan sebuah permainan video, pengembangan dilakukan oleh pengembang game, yang dapat dilakukan oleh satu orang hingga beberapa orang yang membentuk sebuah perusahaan besar. PC komersial tradisional dan konsol biasanya didanai oleh penerbit dan mengambil beberapa tahun untuk mengembangkan. game indie dapat mengambil sedikit waktu dan dapat diproduksi dengan murah oleh individu dan pengembang kecil. Industri game indie telah melihat peningkatan dalam beberapa tahun terakhir dengan pertumbuhan sistem distribusi online baru dan pasar game mobile.
Game developer sebenarnya adalah seorang software developer yang memiliki spesialisasi dan mempunyai kemampuan untuk membuatan video game. Oleh karena itu, kebanyakan posisi game developer ditempati oleh para lulusan ilmu komputer dan teknik informatika.
Namun tidak hanya menguasai kemampuan programing saja, seorang game developer harus memiliki cita rasa seni serta yang pasti kesukaan pada video game. Pembuatan sebuah video game memang melalui serangkaian proses panjang dan begitu rumit.
Setelah melalui riset awal, game developer membuat Jalan cerita pada video game dibuat oleh para game developer dengan menggunakan storyboard, baru kemudian kode pemrograman digunakan untuk menggabungkan berbagai macam elemen audio dan visualnya. Oleh karena itu, seorang game developer dituntut untuk memiliki berbagai kualitas sekaligus. Berikut akan saya sajikan 5 hal di antaranya.


1.            Berbagai Skill Kerja
Kualitas Yang Harus Dimiliki Game Developer
Seorang game developer dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan sekaligus dalam bekerja. Untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrograman, kamu harus memiliki kemampuan problem solving yang kuat, terutama dalam membuat dan mengoreksi berbagai error dalam kode yang telah dibuat.
Oleh karena itu, pendidikan yang baik sangat berpengaruh pada karier seorang game developer. Keahlian dalam bahasa pemrograman komputer yang dipelajari dalam bangku kuliah harus dapat diaplikasikan dalam pekerjaan sebagai game developer.
Tidak hanya keahlian teknis yang mumpuni, seorang game developer harus mampu menunjukkan etos kerja yang baik, terutama dalam bekerja dalam sebuah tim. Seorang game developer dituntut untuk mengatur waktunya dengan baik dalam mengejar deadline pekerjaan yang diberikan.
Selain itu, seorang game developer harus memiliki kemampuan untuk mengatur sumber daya yang dimiliki serta mengoperasikan peralatan-peralatan video dan audio.
2.            Pendidikan
 Kualitas Yang Harus Dimiliki Game Developer
Perusahaan pengembangan video game pasti akan memilih para game developer terbaik untuk bekerja di tempat atau perusahaan mereka, salah satu kualifikasi yang mereka lihat pasti pertama kali adalah Pendidikan nya.
Pengembangan video game biasa nya mensyaratkan Pendidikan minimal sarjana di bidang ilmu komputer atau Teknik informatika untuk game developer yang berkutat dengan pemrograman komputer.
Pengalaman denngan berbagai Bahasa pemrograman computer juga akan membuatmu menonjol di antara para kandidat game developer lain nya yang melamar.
Selain di bidang yang sudah disebutkan tadi, anda yang memiliki latar belakang Pendidikan lain seperti desain produk atau desain komunikasi visual juga dimungkinkan untuk bekerja sebagai seorang game developer. Terutama di bidang game design yang bertugas mengerjakan berbagai macam komponen desain dalam sebuah game.

3.            Kreativitas

Kualitas Yang Harus Dimiliki Game Developer 
Sebagai seorang game developer, anda akan merancang, membuat, dan menghidupkan sebuah dunia virtual baru yang penuh dengan strategi, intrik dan animasi visual, oleh karena itu kamu harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk bisa mendesain sebuah video game yang unik, menarik secara visual dan menggelitik para peminat game untuk semakin penasaran untuk memainkannya.
Seorang game developer harus mampu membangun sebuah plot cerita yang begitu menantang para gamers, mendorong mereka untuk membeli game baru yang akan dirilis untuk distribusi public.
Selain cerita nya, para tokoh atau karakter juga sangat penting untuk menjadi daya Tarik bagi sebuah video game. Karakter utama yang atraktrif biasanya menjadi sebuah pusat dari cerita sebuah game.
Karakter yang menarik dengan pribadi gamer akan menarik mereka untuk terus memainkan game tersebut dan menyelesaikan semua tantangannya.
Selain kreativitas dalam mendesain cerita dan karakter, seorang game developer juga harus memiliki perhatian yang tinggi pada detail desain. Desain sebuah video game memiliki banyak komponen yang harus diperhatikan, seperti warna, tekstur, pakaian, dan latar belakang lingkungan.

4.            Komunikasi

 Kualitas Yang Harus Dimiliki Game Developer
Kemampuan komunikasi juga sangat penting untuk dimiliki seorang game developer, salah satu aplikasi adalah dalam berkomunikasi dengan bos atau klien mereka, yaitu perusahaan pengembang video game.
Selama proses pengembangan game seorang game developer juga harus berkomunikasi dengan Qualiti Assurance (QA) tester, yaitu seorang yang bertugas menguji sebuah game hingga ke bagian yang detail untuk mengusulkan perbaikan kepada perusahaan pengembang.
Pembuatan video game adalah serangkaian kegiatan yang rumit dan membutuhkan waktu yang lama dalam memprosesannya dan penyempurnaannya. Oleh karena itu, seorang game developer harus bisa menjadi pendengar yang baik dan sabar untuk memastikan ekspetasi perusahaan pengembang terpenuhi.
Selain itu, seorang game developer harus memiliki rasa rendah hati dan menahan ego yang kita miliki dalam bekerja. Meskipun anda adalah seorang programmer yang mumpuni dan seorang gamer yang hebat, ingatlah bahwa anda tidak sedang membuat game untuk anda sendiri. Seorang game developer bekerja Bersama-sama dengan banyak orang dalam sebuah perusahaan pengembang video game.
Selera yang anda miliki tentang game belum tentu cocok dengan rekan kerja kita, atasan, serta konsumen yang nanti nya menjadi penikmat dari video game yang anda buat. Oleh karena itu, seorang game developer harus terbuka dengan kritik dan perubahan.

5.            Suka Bermain Game

Kualitas Yang Harus Dimiliki Game Developer
Menjalani hobi yang dibayar tentunya menjadi pekerjaan impian bagi kita semua. Perusahaan pengembang video game sudah menerapkan hal ini. Dalam proses recruitment mereka tidak hanya mencari para game developer yang mumpuni dalam skill, tapi juga seorang maniac video game.
Bekerja menjadi seorang menjadi seorang game developer memang bukanlah pekerjaan yang bisa cocok dengan semua orang. Pekerjaan ini memiliki tekanan deadline yang tinggi, menuntut kesempurnaan dan improvement yang berkelanjutan. Jika bermain adalah hobimu, maka kmau akan lebih menikmati setiap aktivitas, tugas dan bahkan tekanan yang harus anda hadapi sehari-hari sebagai seorang game developer.
Selain itu, seorang game developer yang memang menggemari bermain gam akan lebih mudah untuk memahami selera para gamers, baik dari sisi plot cerita nya, karakter, cara bermain, serta desain audio dan visual.

Peran-peran yang ada dalam sebuah Tim Produksi Game Development


1.            Game Programmer

Apabila anda pernah membuat sebuah game dari nol sampai jadi, itu akan menjadi nilai plus yang tidak tergantikan saat anda melamar pekerjaan menjadi Game Programmer.
Menguasai setidaknya 1 bahasa pemrograman dan game engine, lakukanlah research mengenai Game Studio yang ingin anda tekuni dan pelajarilah Game Engine yang mereka gunakan. Misal, apabila anda  hanya menguasai Bahasa pemrograman berbasis web (HTML5), kurang bijak apabila anda melamar di perusahaan game yang menggunakan Unity Game Engine sebagai engine utamanya.
Mengerti Bahasa pemrograman dan game engine lainnya, walaupun tidak perlu menguasai secara mendalam, minimal anda bisa memahami garis besar dari teknologi lainnya yang memiliki nature yang berbeda. Misalnya apabila anda menguasai C++,  cobalah mengerti HTML, PHP, Phyton, MySQL. Apabila anda menguasa Unity, cobalah juga unreal engine dan Cocos2D.
Kita juga harus mengerti Algoritma, algoritma tidak dipungkiri memiliki peran yang sangat penting dalam Bahasa pemrograman. Sebuah algoritma yang efektif mungkin akan dapat menghemat waktu proses lebih cepat dibandingkan algoritma yang kurang efektif.

2.            Game Designer

Apabila anda ingin melamar menjadi game designer, sangat penting apabila ada game yang telah dibuat menggunakan desain dan arahan yang anda buat. Seorang game designer harus memiliki skill kominukasi yang baik, skill kominukasi tersebut digunakan untuk menyampaikan ide game yang ada di kepalanya kepada tim produksi, dan juga seorang game designer harus bisa mengerti apa yang dikatakan oleh tim produksi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

3.            Artist (2D Artist, 3D Artist, Sound Artist)

Apabila anda seorang artist, portofolio adalah hal yang sangat penting saat anda melamar kerja ke game studio, banyaklah berkarya dengan cara menggambar, lalu tambahkan karyamu kedalam portofolio.
Begitu juga dengan 3D Artist, buatlah berbagai macam 3D model. Untuk Sound Artist, buatlah banyak aransemen musik. Satu hal yang perlu diingat, kualitas disbanding kuantitas. Disbanding memenuhi portofolio kalian dengan karya yang kurang bagus, sebaiknya pilihlah Top 10 dari karya terbaik anda untuk dimasukkan ke dalam portofolio.

4.            Quality Assurance

Untuk bisa menjadi quality assurance yang paling dibutuhkan adalah pengalamn bekerja. Anda bisa mulai dengan praktek/magang di studio game. Banyak studio game yang menerima part timer untuk quality assurance.
Yang paling penting dalam melamar menjadi quality assurance adalah anda bisa menjelaskan metode dan disiplin apa yang anda gunakan dalam pengetesan game sehingga nantinya di dalam game tidak ada bug/error.

5.            Game Producer

Pada umumnya, untuk bekerja sebagai produser game, anda harus memiliki pengalaman minimal 3 sampai 5 tahun di industry video game.

Trik agar Proses Menuju Game Developer Tidak Menjenuhkan
Dari pekerjaan-pekerjaan diatas, semuanya membutuhkan proses pembelajaran yang tidak sebentar, dibutuhkan dedikasi dan komitmen sehingga pada akhirnya anda bisa menguasai pekerjaan tersebut.
Dimanapun tingkatmu berada, entah itu baru mulai belajar menggambar atau baru belajar programming, tentukanlah projek jangka pendek untuk anda kerjakan. Misalnya saat anda baru belajar programming buatlah game konsol based RPG, atau missal anda adalah seorang pemula di 2D artist, buatlah sebuah gambar simple dan upload ke DeviantArt untuk mendapatkan feedback dari anggota-anggota lainnya disana.
Walaupun anda sudah berada di tingkat mahir sekalipun, anak selalu ada projek yang bisa anda kerjakan, missal mencoba mengerjakan projek orang lain melalui platform freelance, atau membuat game Bersama tim dengan tujuan untuk dimonetisasi.

6 Developer Game terbaik sepanjang sejarah

Sekarang ini kehadiran video game bukan lagi hanya sekedar hiburan semata. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, video game pun menjadi sebuah industri baru dalam dunia dunia bisnis yang berpotensi mendatangkan keuntungan finansial yang besar. Tak aneh jika kemudian banyak bermunculan perusahaan atau  developer game baik itu khusus game mobile atau konsol game

1.            Rockstar Game

rockstar games
Jika harus menyebutkan developer game yang jago membuat game berkonsep open-world, maka Rockstar Games akan berada diurutan pertama. Siapa yang tak kenal Grand Theft Auto (GTA), Bully, Midnight Club sampai The Warriors. Semuanya merupakan game keren yang dibuat oleh developer game yang berkantor pusat di New York ini. Bisa dibilang Rockstar Games adalah salah satu developer game yang selalu serius menggarap karyanya, terbukti ketika mereka merampungkan proyek GTA V tahun 2013 yang menghabiskan dana sampai 3 triliun rupiah dan sekaligus menjadikan game dengan budget termahal sampai saat ini.
2.            Square Enix
 square enix
Jika Rockstar Games disebut sebagai ahli membuat game open world, maka Square Enix terkenal dengan seri Role Playing Gamenya seperti Final Fantasy atau seri Dragon Quest. Sebenarnya Square-Enix merupakan gabungan dari dua developer game Jepang yang kala itu saling bersaing. Namun sejak 1 April 2003, dua perusahaan tersebut bergabung dan menjadi Square Enix (SE) seperti dikenal sekarang.
3.            Ubisoft
ubisoft
Dibentuk di Prancis tahun 1986, Ubisoft perlahan menjadi sebuah developer game yang cukup disegani. Gebrakan di industri game dimulai ketika mereka mampu menciptakan game-game inovatif yang memaksa para gamer untuk berpikir keras demi menyelesaikan teka-teki di setiap level. Sebut aja Splinter Cell, Prince of Persia, End War, Ghost Recon dan masih banyak lagi. Sampai saat ini Ubisoft telah membuka cabang dengan jumlah 25 studio di 17 negara dan anak perusahannya di 26 negara.
4.            Naughty Dog
developer game
Rasanya aneh jika tidak memasukan nama Naughty Dog ke dalam artikel ini. Didirikan oleh Andy Gavin dan Jason Rubin tahun 1986, Naughty Dog telah menciptakan puluhan game yang kreatif dan inovatif seperti Uncharted, Jak & Daxter dan tentu saja seri Crash Bandicoot. Kesuksesan Naughty Dog pun banyak menginspirasi developer game lainnya untuk membuat game serupa.
5.            Electronic Arts
electronic arts
Electronic Arts atau EA adalah dalang di balik game-game super keren seperti Battlefield, seri The Sims, sampai Need For Speed. Kehebatan EA juga terbukti ketika mereka menciptakaan game olahraga dalam naungan EA Sports. Bahkan bisa dibilang EA Sport mampu menguasi game seluruh cabang olahraga terkenal di dunia.
6.            Konami
konami
Bagi yang lahir atau besar di tahun 90an pastinya kenal dengan developer game asal Jepang ini. Yap, Konami mulai menggebrak industri game lewat berbagai game di konsol PS1, terutama lewat game Winning Eleven-nya yang sekarang dikenal dengan sebutan PES. Tapi enggak cuma membuat game bola aja, Konami juga mampu menciptakan game-game super keren seperti Suikoden, Metal Gear Soldier sampai Sillent Hill.
Meski persaingan di industri game semakin ketat, namun developer game yang telah disebut di atas mampu tetap eksis dan menciptakan game-game menakjubkan untuk akhirnya bisa dinikmati oleh para gamers di seluruh dunia.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengembangan_permainan_video
https://www.duniaku.net/2016/08/13/developer-game-terbaik/


Komentar

Postingan Populer